Buku ini merupakan buku kedelapan yang dihasilkan Insan Ombudsman Kalsel. Buku ini berisikan 60 (enam puluh) tulisan yang terdiri dari 6 (enam) bab dengan tematik yang berbeda, yaitu Mencegah Malad…
Peraturan Menteri (PERMEN) KP No. 11 Tahun 2016 ditetapkan sebagai tindak lanjut dari penataan ukuran kapal penangkap ikan dalam rangka penyelamatan dan pengelolaan sumber daya alam sektor perikana…
Pembangunan perikanan budidaya akan dihadapkan pada sejumlah tantangan global dan permasalahan yang menurut perubahan paradigma dan desain percepatan pembangunan perikanan budidaya. Serta pembangun…
Pelayanan kesehatan termasuk yang banyak mengalami dinamika perubahan. Berawal dari Hypocrates yang melayani pasien secara perorangan, meramu obat-obatan, dan mendidik sendiri murid-muridnya. Pelay…
Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 39/KepMen-KP/2013 menetapkan standarisasi kendaraan dinas di lingkungan KKP sebagaimana dimaksud dictum KESATU tidak termasuk kenda…
Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, bulan November tahun 2009 merupakan pengakuan bahwa pemerintah dan rakyat berada dalam posisi yang sejajar dan adanya pengakuan bahwa mas…
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi birok…
Kita sering denger kata "malpraktek" itu tuh, kalo dokter salah ngasih obat atau salah merawat hingga mrugikan pasien. Kata "mal" sendiri bisa merujuk ke "sesuatu yang dilakukan tidak sesuai prosed…
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang OMBIDSMAN Republik Indonesia & Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik
Buku ini disusun dalam rangka menyosialisasikan kepada masyarakat visi Indonesia Sehat 2010, dan menjelaskan jalur-jalur mana yang akan ditempuh guna mencapai visi tersebut. Dengan membaca buku ini…
Buku pedoman ini disusun dalam rangka memberikan pedoman bagi masyarakat (customer) dalam memperoleh pelayanan yang baik maupun bagi aparat dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah, transparan,…
Pengelolaan pelayanan umum di Indonesia saat ini dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Hal ini berdampak pada timbulnya kompetisi dalam pelaksanaan layanan baik menyangkut cara, teknik, atau metode…
Buku ini memuat beberapa gambaran permasalahan dan situasi yang ada serta teor tentang pemberdayaan sdm kesehatan yang dapat melandasi pemikiran kita didalam melakukan upaya pemberdayaan SDM Keseha…
Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997 berdampak pada meningkatnya jumlah penduduk miskin di negara kita. Jumlah penduduk miskin di Indoensia pada tahun 1998 menjadi dua kali lipat d…
Kesehatan adalah hak asasi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa. Pembaharuan kebijakan pembangunan kesehatan selanjutanya perlu diikuti dengan pembaharuan SKN. Peny…
Tantangan pembangunan kesehatan dan permasalahan pembangunan kesehatan makin bertambah berat, kompleks dan bahkan tak terduga dari waktu kewaktu, namun tidak menyurutkan semangat perjuangan untuk m…
Lima tahun, sejak tahun 1999-2004 merupakan waktu yang relatif pendek di tengah cepatnya perubahan yang terjadi baik di dalam negeri maupun apa yang terjadi di luar negeri. Buku ini tidak menonjolk…
Penyelenggaraan Hari AIDS Sedunia merupakan kegiatan yang secara global diperingati di seluruh Negara termasuk Indonesia sejak tahun 1999. Tema Hari AIDS Sedunia dalam 2 tahun terakhir adalah "Stop…
Indonesia Sehat 2010 menyatakan pelayanan kesehatan baik oleh pemerintah maupun masyarakat harus diselenggarakan secara bermutu, adil dan merata dengan memberikan perhatian khusu kepada penduduk mi…