LAPORAN TEKNIS KAJIAN ASPEK SOSIAL EKONOMI PERIKANAN TUNA DAN STRATEGI PENETRASI PASAR EKSPOR DAN DOMESTIK
Komoditas tuna merupakan salah satu komoditas unggulan dalam program industrialisasi. Hal ini dikarenakan tuna merupakan jenis ikan ekonomis tinggi dan merupakan komoditas penghasil devisa negara nomor dua untuk komoditas perikanan setelah udang. Pada tahun 2011, komoditas tuna, dalam hal ini Tuna Tongkol dan Cakalang (TTC) menyumbang nilai ekspor sebesar US$ 498.591.000 atau 14% dari total nilai ekspor perikanan Indonesia.Pada tahun 2009, secara angka potensi produksi komoditas tuna di Indonesia diperkirakan hampir mencapai 1,2 juta ton per tahun, dengan nilai ekspor lebih dari 3,5 miliar Dolar Amerika Serikat (AS) (Martosubroto, 2011). Terkait dengan hal tersebut diatas, maka penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui kondisi dan kinerja perikanan tuna di negara tujuan utama eskpor tuna Indonesia dan di pasar domestik; (2) mengetahui faktor-faktor sosial ekonomi perikanan tuna yang terkait dengan strategi penetrasi pasar ekspor dan domestic; dan (3) strategi penetrasi pasar ekspor dan domestik perikanan tuna. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari data sekunder yang meliputi : data kondisi perikanan Tuna Nasional, data volume dan nilai ekspor tuna Indonesia berdasarkan negara tujuan, data Permintaan Tuna Indonesia, posisi Indonesia pada negara tujuan utama, karakteristik konsumen pada negara tujuan utama, posisi dan kebijakan negara pesaing pada negara tujuan utama terkait perikanan Tuna, kebijakan pemerintah pada negara tujuan utama, volume dan Nilai Ekspor Tuna Indonesia berdasarkan jenis Komoditas, data daerah asal ekspor komoditas Tuna Indonesia ke Negara tujuan utama, preferensi konsumen pada komoditas Tuna di negara Tujuan Utama, ketersediaan bahan baku dalam menghasilkan komoditas ekspor Tuna, teknologi yang digunakan dalam memproduksi komoditas ekspor, harga komoditas pada negara tujuan utama. Hambatan tariff dan non tariff pada negara tujuan utamaData yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengidentifikasi aspek sosial ekonomi dan mengkaji kinerja penetrasi pasar (pangsa pasar) ekspor tuna Indonesia di beberapa negara tujuan utama; dan pendekatan Bayesian Analysis untuk analisis peluang dalam mendukung kinerja penetrasi pasar ekspor dan domestik perikanan tuna Indonesia. Identifikasi faktor sosial ekonomi dilakukan berdasarkan analisis forensik dengan pendekatan Bayesian yang telah terbentuk untuk kemudian dilakukan skoring sehingga dapat diketahui tingkat pengaruh dari setiap aspek sosial ekonomi terkait peluang penetrasi pasar Tuna dalam pasar ekspor maupun domestik.
B1801965 | Koleksi Digital | Archivelago Indonesia Marine Library - Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan | Available |
No other version available