JURNAL KELAUTAN NASIONAL Vol 6, No. 1 April 2011 Kajian Tentang Tata Letak Ruang, Hambatan dan Gerak Kapal Ikan Katamaran yang Efisien, Aman dan Nyaman
Kapal katamaran telah berkembang pesat di industri perkapalan, khususnya dalam aplikasi High Speed Ferry. Namun dalam aplikasi kapal katamaran sebagai kapal penangkap ikan masih belum berkembang. Makalah ini membahas aspek tata letak ruang, hambatan dan gerakan kapal monohull dan katamaran melalui eksperimen model fisik di kolam uji hidrodinamika pada kecepatan bilangan Froude hingga 0.5. Disamping itu pengaruh jarak antara lambung katamaran terhadap kinerja hambatan dan gerakannya juga didemonstrasikan. Hasil eksperimen untuk kedua model tersebut dipresentasikan dalam bentuk grafik dan tabel. Dari hasil uji model diperoleh bahwa hambatan total kapal monohull lebih besar dibanding dengan katamaran pada kecepatan Fr > 0.35 dan semakin besar jarak antara lambung katamaran semakin kecil hambatan yang terjadi. Sedangkan kapal katamaran dengan jarak antara lambung S/L = 0.2, umumnya, memberikan kontribusi respon gerakan heave dan pitch yang lebih kecil dibandingkan dengan monohull dan kapal katamaran dengan jarak antara lambung S/L = 0.3 serta S/L = 0.4.
B1801886 | Koleksi Digital | Archivelago Indonesia Marine Library - Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan | Available |
No other version available