Text
Optimasi Keselamatan Kapal Perikanan Berbasis Kayu Melalui Penerapan Flame RETARDANT ATH Pada FIBERGLASS REINFORCED PLASTIC
Laminasi kapal kayu menggunakan fiberglass bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan memperpanjang umur teknis kapal. Namun, fiberglass memiliki sifat mudah terbakar, sehingga perlu ditambahkan bahan aditif tahan api agar memenuhi standar keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keselamatan kapal perikanan berbasis kayu dengan penerapan flame retardant Aluminium Trihidroksida (ATH) pada fiberglass reinforced plastic (FRP). Metode yang digunakan adalah eksperimen laboratorium dengan variasi penambahan ATH sebesar 5%, 25%, dan 40% pada resin Unsaturated Polyester. Pengujian ketahanan api dilakukan dengan metode UL 94 untuk mengukur laju pembakaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi ATH menurunkan laju bakar secara signifikan, dengan laju bakar masing-masing sebesar 20 mm/min, 12.5 mm/min, dan 8 mm/min untuk komposisi ATH 5%, 25%, dan 40%. Penambahan ATH terbukti meningkatkan ketahanan api dengan mengurangi indeks oksigen dan memperlambat pelepasan gas mudah terbakar. Dengan ketahanan api yang lebih baik, penggunaan ATH pada laminasi fiberglass kapal kayu dapat memberikan waktu lebih lama bagi proses evakuasi dan pemadaman kebakaran. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah evaluasi dampak lingkungan dari penggunaan ATH pada kapal perikanan.
Kata kunci: Laminasi kapal, fiberglass reinforced plastic, flame retardant, Aluminium Trihidroksida, keselamatan kapal perikanan.
B25000086 | Archivelago Indonesia Marine Library - Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan | Available |
No other version available