Manajemen Pemasaran Produk Stik Ikan Dori (Pangasius) di PT. Central Pertiwi Bahari Rungkut Industri Surabaya Jawa Timur

Collection Location Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Crusita Stella Yolanda
Subject(s) KIPA
Local Content
Prodi AGP
Ikan Dori
Classification 0394/IX/2019/K
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo
Publishing Year 2019
Publishing Place Sidoarjo
Collation
Abstract/Notes Indonesia merupakan Negara maritim yang memiliki potensi perikanan cukup besar. Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang sangat digemari masyarakat. Manfaat ikan patin bagi kesehatan ditandai dengan adanya kandungan yang lemak lebih rendah dibanding ikan jenis lain, Salah satu usaha diversifikasi produk perikanan yang dapat dikembangkan dan berpeluang menambah nilai tambah (value added) adalah stik ikan. Stik ikan adalah makanan berupa daging ikan patin. Untuk memperluas jangkauan pemasaran produk dori stik perlu diketahui cara pemasarannya. Sehubungan dengan hal tersebut perlu dilakukan kegiatan manajemen yang baik dalam pemasaran produk dori stik, sehingga diharapkan dengan manajemen yang baik maka akan menghasilkan manajemen yang terkontrol.

Maksud dari pelaksanaan Kerja Praktek Akhir (KPA) ini adalah mengetahui serta Mempelajari proses manajemen pemasaran produk Stik Ikan Dori, Mengetahui alur proses pemasaran produk Stik Ikan Dori, Mengetahui strategi dan alur distribusi pemasaran Stik Ikan Dori, Ikut berpatisipasi aktif dalam kegiatan pemasaran produk Stik Ikan Dori, Memperoleh data teknis dan ekonomis kegiatan pemasaran produk Stik Ikan Dori, Mengetahui proses pengolahan produk dori stik.

Kerja Praktek Akhir (KPA) telah dilaksanakan tanggal 4 Maret sampai 24 Mei 2019 pada PT. Central Pertiwi Bahari Rungkut Industri Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode survey dan magang. Sumber data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Jenis data yang di ambil dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu, data subyek, data dokumenter (Indrianto dan Supomo, 2002). Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, Dokumentasi, Partisipasi (Narbuko dan Achmadi, 2001). Teknik Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, tabulating, analizing.

Alur proses stik ikan dori dimulai dari penerimaan bahan baku, pemfilletan, pemotongan menjadi stik, pembuatan butter, perendaman bumbu, pelumuran tepung terigu, pelumuran butter, pelumuran tepung roti, penggorengan, penyimpanan, pegemasan, penyimpanan ke dalam cold storage.

Pemasaran yang diterapkan oleh PT. Central Pertiwi Bahari adalah strategi business to business. Pemasaran business to business adalah pemasaran yang memasarkan produk ke bisnis lain untuk digunakan dalam proses produksi mereka ataupun untuk mendukung proses operasional perusahaan. PT Central Pertiwi Bahari memasok produknya di beberapa perusahaan yang saling bekerjasama, yang mana buyer tersebut akan menyalurkan dan memasarkan kembali produk tersebut. Pemasaran business to business diincar banyak perusahaan, karena volume dan nilai penjualan jauh lebih besar dibandingkan dengan menjual ke konsumen perorangan dan rantai pemasaran lebih pendek.

Bauran Pemasaran PT. Central Pertiwi Bahari menerapkan 4P (product, price, place, promotion). Salah satu produk yang dihasilkan PT. Central Pertiwi Bahari adalah Dori Stik. Produk-produk tersebut setelah diproses dikemas dalam plastik jenis PE kemudian diberi master carton dengan label yang berisikan keterangan nama produk, nama unit pengolahan, tanggal produksi, alamat perusahaan, merk dagang, alamat supplier dan berat bersih. Setiap master carton berisi 4 kg berat produk. Harga yang ditetapkan untuk produk dori stik yaitu Rp 500.000/MC, untuk per pack nya dengan harga Rp 25.000/pack. Ruang lingkup pemasaran PT. Central Pertiwi Bahari adalah pasar lokal saja mencakup seluruh indonesia kecuali daerah Indonesi bagian Timur. Promosi yang dilakukan di PT. Central Pertiwi Bahari yaitu dengan menjalin komunikasi word of mouth, media komunikasi (Telepon, email), serta memberikan pelayanan kepada para konsumen dengan sangat baik.

Sistem pemasaran yang diterapkan di PT. Central Pertiwi Bahari yaitu sistem pemasaran langsung dan semi langsung. Pemasaran langsung yang terjadi PT. Central Pertiwi Bahari ini lebih kepada konsumen yang langsung datang ke pabrik dan memesan produk dori stik. Sistem pemasaran semi langsung yang diterapkan di PT. Central Pertiwi Bahari yaitu produk dijual kepada buyer yang menjual kembali produk dori stik sampai ketangan konsumen terakhir.

Hasil perhitungan diperoleh BEP (Rp) sebesar Rp 591.210.843 artinya agar usaha pengolahan Dori Stik mencapai titik impas, Hasil perhitungan diperoleh nilai BEP (Q) = 23.595 pack, R/C lebih besar dari 1 (R/C>1, yaitu 1,5 maka produksi dori stik dapat dinyatakan layak untuk dijalankan dan akan mengalami keuntungan. Jadi hasil analisis PP menggambarkan bahwa seluruh modal investasi usaha ini akan kembali dalam waktu 3 tahun lebih 6 bulan.

Kata kunci : Manfaat ikan patin bagi kesehatan
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous