Isi buku ini banyak diambil dari artikel-artikel, baik dari media cetak maupun elektronik. Artikel-artikel dari para pakar, praktisi, pelaku pendidikan, dan dari masyarakat luas yang peduli dengan nasib pendidikan dituliskan dengan tujuan untuk lebih sempurna dalam menggambarkan dan memaparkan perilaku pembodohan siswa yang berlangsung selama ini dan berpengaruh signifinikan terhadap merosotnya kualitas pendidikan bangsa. Pembodohan siswa (peserta didik) memiliki makna yang begitu dalam tentang berbagai kesalahan dalam pelaksanaan pendidikan kita, baik pendidikan yangh berada dalam jalur informal, formal, maupun nonformal. Perdebatan mengenai pergantiaqn dan atau perubahan kurikulum, materi pelajaran, distribusiinformasi, inovasi pembelajaran, filterisasi informasi, sertifikasi guru, kompetensi siswa, mahanya biaya sekolah, biaya buku, biaya seragam, rendahnya penghargaan terhadap guru, dan lain sebagaianya merupakan sederetan panjang kasus-kasus dalam dunia pendidikan yang sekaligus segabai media proses pembodohan siswa, baik secarz langsung maupun tidak langsung.