Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Publishing Year
2000
Publishing Place
Jakarta
Collation
x, 142 hlm; 20 cm
Abstract/Notes
Pedoman pengembangan administrasi dan supervisi pendidikan merupakan buku yang dapat memberikan wawasan mengenai administrasi dan supervisi pendidikan. Administrasi pendidikan adalah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal, spiritual dan material yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu harus diketahui tidak hanya oleh kepala sekolah atau para pimpinan pendidikan, tetapi juga harus dipahami oleh para pengawas, guru, dan seluruh staf sekolah. Hal ini dimaksudkan agar terjadi kesamaan pandangan serta gerak langkah dalam mencapai tujuan bersama. Adapun fungsi pokok administrasi pendidikan antara lain fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian, koordinasi (coordinating), komunikasi (comunication), supervisi (supervision), evaluasi (evaluating). Sedangkan peran penting dari administrasi pendidikan antara lain memberikan arah yang jelas terhadap perjalanan organisasi, membantu memudahkan setiaqp personal yang terlibat didalamnya untuk melakukan tugas dan kegiatan masing-masing serta mendeteksi dengan mudah segala hal yang tidak sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan supervisi pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran di sekolah. Tujuan supervisi pendidikan adalah perbaikan dan perkembangan proses belajar mengajar mengajar secara total. Secara garis besar fungsi supervisi dapat dikelompokkan dalam tiga bidang, yaitu dalam bidang kepemimpinan, kepengawasan, dan bidang pelaksana.