Sistem dan Saluran Pemasaran Ikan hasil tangkapan nelayan di perairan sekitar Teluk Kendari Sulawesi Tenggara

Collection Location Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan Perikanan KP Jakarta - Ancol
Edition
Call Number
ISBN/ISSN 978-602-0804-46-0
Author(s) Mei Dwi Erlina
Nendah Kurniasari
Subject(s) teluk kendari
sistem pemasaran
Classification NONE
Series Title
GMD Buku
Language Indonesia
Publisher referensi Gaung Persada Press
Publishing Year 2016
Publishing Place Jakarta
Collation 41-60 : ills 23cm
Abstract/Notes Pemasaran pada prinsipnya adalah aliran barang dari produsen ke konsumen. Aliran barang ini dapat terjadi karena adanya peranan lembaga pemasaran. Pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha perikanan karena pemasaran merupakan tindakan ekonomi yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan nelayan. Tujuan dari kajian ini adalah melakukan identifikasi kinerja sistem pemasaran dan saluran pemasaran hasil tangkapan ikan di perairan sekitar teluk kendari. Metode analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan pendekaran deskriptif. Pelaksanaan kajian ini dilakukan pada bulan Juli dan Oktober tahun 2015. Sistem pemasaran ikan hasil tangkapan nelayan di perairan sekitar teluk kendari mencangkup sasaran penjualan dan sistem pembayaran ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan alat tangkap(purse seine, pancing tonda, pancing rawe, dan bubu). Secaram umum, saluran pemasaran ikan hasil tangkapan nelayan di perairan sekitar teluk kendari tidak berbeda tahapannya baik untuk hasil tangkapan dengan menggunakan alat tangkap jaring(purse seine), pancing(rawe dan tonda) dan perangkap(bubu), yaitu dari nelayan dijual ke penglola(bos), selanjutnya dijual ke pedagang pengumpul(papalele), setelah itu dijual ke pasar lokal/pasar nasional/perusahaan pembekuan atau penglola ikan.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous