Prosiding Seminar Nasional Riset dan Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan BBRSEKP Tahun 2012 : Pengembangan Propeler Pembangkit Energi Listrik Tenaga Air Pada Kapal Nelayan untuk Mengurangi Ketergantungan Penggunaan Bahan Bakar Minyak
Collection Location | Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan Perikanan KP Jakarta - Ancol |
Edition | Buku 1 |
Call Number | P2018-0003 |
ISBN/ISSN | 978-979-3893-72-3 |
Author(s) | Henry M. Manik I Gede Mahendra Wijaya I Made Teguh Wirayudha |
Subject(s) | Kapal Ikan BBM Propeller Gross ton |
Classification | P2018-0003 |
Series Title | GMD | Prosiding |
Language | Indonesia |
Publisher | Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan |
Publishing Year | 2012 |
Publishing Place | Jakarta |
Collation | 113p-126p. ; ills. tab. 29 cm |
Abstract/Notes | indonesia merupakan negara yang sebagian besar berupa lautan. sebagian besar penduduk yang memiliki mata pencarian sebagai nelayan hidup dalam lingkungan kemiskinan.salah satu permasalahan utama adalah kendala yang disebabkan oleh kurangnya atau keterbatasan nelayan dalam membeli bahan bakar minyak untuk kapal, sebab BBM merupakan komponen pentingdalamn aktifitas nelayan untuk dapat melakukan kegiatan penangkapan ikan. sehingga untuk mengantisipasi masalah ini, maka gagasan ini menghadirkan suatu solusi alternatif yang dapat digunakan untuk menjawab dan menghadapi krisis BBM yang dihadapi nelayan. tujuannya adalahuntuk membantu nelayan untuk dapat menghasilkan energy listrik alternatif di samping penggunaan bahan bakar minyak selama proses operasi penangkapan ikan laut. apabila nelayan yang bergerak dalam skala usaha kecil dengan oenggunaan grass tonnage kaoal , dari 5GTdengan kebutuhan paling sedikit 6,3 liter, maka listrik yang habisdigunakan selama operasi penangkapan ikan adalah sebesar 1260 kilo joule. perhitungan energi pada motor penggerakini adalah berasal dari bahan bakar, dimana energi tersebut hilang ke atmosphere dalam bentuk panas adalah +35% ; lalu + 25% hilang melalui air pendingin dan getaran ; serta sekitar 2% hilang pada poros propeller. desain rancangan propeller ini berbentuk voith scneider propeller dengan menggunakan daunbaling-balingsecara vertical yang diputar seperti disk, dimana setiap daun baling-baling dapat menghasilkan propulasi gaya dorong sebagai tambahan. secara umum dapat disimpulkan bahwa propeller tambahan ini dapat menghasilkanenergy listrik atau dapat mengkombinasikan serta meminimalkan penggunaan BBM oleh kapal nelayan sehingga nelayan dapat menggunakan alternatif pemakaian energy yang lebih hemat dan dapat diperbaharui |
Specific Detail Info | |
Image | |
Back To Previous |