Panen Untung dari Akuabisnis : Kakap Merah : prospek dan manajemen bisnis kakap merah, 21 jenis kakap merah ekonomis, pembenihan dan pendederan, pembesaran di KJA dan tambak, pembesaran sistem akua forestri, pasca panen & olahan.

Collection Location Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan Perikanan KP Jakarta - Ancol
Edition 1
Call Number 639.22:338.45 GHU p
ISBN/ISSN 978-979-29-4789-2
Author(s) M. Ghufran H. Kordi K.
Subject(s) Produksi
kakap merah
Classification 639.22:338.45
Series Title
GMD Buku
Language Indonesia
Publisher Lily Publisher
Publishing Year 2015
Publishing Place Yogyakarta
Collation xviii-270p. ; ills. tab. 24,5 cm
Abstract/Notes akap merah (red snapper/sea bream) merupakan ikan bernilai ekonomi tinggi. Harga kakap merah di tingkat produsen (nelayan dan pembudidaya) antara Rp. 40.000-80.000/kg. Harga kakap merah di rumah makan dan restoran sea food di kota-kota besar antara Rp. 80.000-150.000/ekor untuk ikan ukuran > 1 kg/ekor. Sementara harga kakap merah di pasar internasional sekitar US$ 23/kg atau sekitar Rp. 200.000/kg. Harga tertinggi dicapai pada kakap merah dari genera Pristipomoides yang mencapai US$ 27-28 atau sekitar 240.000-250.000/kg. Kakap merah dipasarkan dalam keadaan hidup, mati dalam kondisi utuh, dan dalam bentuk irisan daging (fillet). Pasar kakap merah antara lain Singapura, Hongkong, Cina, Jepang, Amerika Serikat (AS), dan Uni Eropa. Kakap merah asal Indonesia merupakan kakap merah terbaik di dunia, sehingga mencapai harga tertinggi di Singapura dan AS daripada kakap merah dari negara lain. Di dalam negeri, pasar kakap merah juga terbuka lebar meliputi rumah makan sea food pinggir jalan hingga restoran mewah, hotel, dan pasar swalayan. Permintaan terhadap kakap merah terus meningkat, sementara produksi kakap merah masih mengandalkan penangkapan di alam. Baru sedikit kakap merah diproduksi dari budi daya. Namun prospek budi daya kakap merah sangat cerah. Selain harga yang tinggi, saat ini benih kakap merah sudah dapat diproduksi secara terkontrol.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous