Image of Struktur Komunitas Ikan Karang di Perairan Pulau Raya, Pulau Rusa, Pulau Rondo dan Taman Laut Rinoi dan Rubiah, Nanggroe Aceh Darussalam, (J. Lit. Perikan. Ind. Vol.19 No. 4 Desember 2013)

PDF

Struktur Komunitas Ikan Karang di Perairan Pulau Raya, Pulau Rusa, Pulau Rondo dan Taman Laut Rinoi dan Rubiah, Nanggroe Aceh Darussalam, (J. Lit. Perikan. Ind. Vol.19 No. 4 Desember 2013)



Penelitian struktur komunitas ikan karang dilakukan di 10 stasiun pada perairan pulau terluar dan 2 stasiun pada taman laut Nanggroe Aceh Darussalam. Tujuan penelitian untuk mengindentifikasi struktur komunitas ikan karang. Metode yang digunakan adalah transek sabuk dan sensus visual dalam area 250 m2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapat 235 jenis ikan karang yang mewakili 45 suku. Komposisi jenis dan keanekaragaman (H) bervariasi antar stasiun. Pulau Raya memiliki jumlah jenis ikan karang dan keanekaragaman jenis yang paling rendah dibanding Pulau Rusa dan Pulau Rondo. Lokasi Pulau Rondo lebih jauh dari daratan utama dan memiliki jenis dan keanekaragaman yang lebih tinggi dari pada Pulau Raya dan Rusa, tetapi semua itu masih rendah jika dibandingkan dengan dua lokasi taman laut, Rinoi dan Rubiah. Ikan hias yang umum dijumpai di perairan Nanggroe Aceh Darusasalam, tetapi jarang dijumpai di tempat lain, adalah dari jenis kepe-kepe seperti Chaetodon andamanensis, Chaetodon xanthocephalus, Hemitaurichthys zoster dan jenis ikan antias punggung kuning, Pseudanthias evansi. Sementara, kepadatan individu per meter persegi tergolong rendah pada semua stasiun penelitian.


Availability

B1801555JUR IFRJ-19.04Archivelago Indonesia Marine Library - Perpustakaan Kementerian Kelautan dan PerikananAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
JUR IFRJ-19.04
Publisher Agency for Marine and Fisheries Research : Jakarta.,
Collation
175-186
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster