Image of PARAMETER POPULASI IKAN LOHAN (Cichlasoma trimaculatum, Günther 1867) DI WADUK SEMPOR, JAWA TENGAH, (J. Lit. Perikan. Ind. Vol.20 No. 2 Juni 2014)

PDF

PARAMETER POPULASI IKAN LOHAN (Cichlasoma trimaculatum, Günther 1867) DI WADUK SEMPOR, JAWA TENGAH, (J. Lit. Perikan. Ind. Vol.20 No. 2 Juni 2014)



Waduk Sempor di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan luas 270 ha merupakan waduk serbaguna yang berfungsi untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pariwisata, irigasi dan perikanan. Aktivitas perikanan yang berkembang di waduk ini adalah perikanan tangkap meskipun saat ini mengalami penurunan sebagai akibat dari berkurangnya hasil tangkapan ikan ekonomis yang digantikan oleh jenis ikan asing invasif yang bernilai ekonomis rendah. Jenis ikan asing invasif yang mendominasi adalah ikan lohan (Cichlasoma trimaculatum, Günther, 1867). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji beberapa parameter populasi yakni hubungan panjang berat, parameter pertumbuhan, mortalitas dan laju eksploitasi ikan lohan di Waduk Sempor. Pengambilan sampel ikan lohan dilakukan menggunakan alat tangkap jaring insang berbagai ukuran mata jaring selama periode Maret sampai Desember 2012. Sebanyak 1.962 ekor sampel ikan lohan yang tertangkap dianalisis untuk menghitung parameter populasinya. Estimasi parameter pertumbuhan, mortalitas dan laju eksploitasi dihitung menggunakan paket program FiSAT II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pertumbuhan ikan lohan bersifat isometrik dengan estimasi parameter pertumbuhan sebagai berikut: L = 20,5 cmTL, K = 0,37 tahun-1, t o = -0,4955 tahun dan tmax = 8,11 tahun. Laju mortalitas total (Z) sebesar 1,29 tahun-1, mortalitas alami (M) sebesar 1,05 tahun-1, mortalitas penangkapan (F) sebesar 0,24 tahun-1 dengan laju eksploitasi (E) sebesar 0,18 yang menunjukkan laju eksploitasi yang rendah.


Availability

B1801552JUR IFRJ-20.02Archivelago Indonesia Marine Library - Perpustakaan Kementerian Kelautan dan PerikananAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
JUR IFRJ-20.02
Publisher Agency for Marine and Fisheries Research : Jakarta.,
Collation
81-88
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster