Image of KEPADATAN DAN STATUS PEMANFAATAN IKAN NAPOLEON (Cheilinus undulatus) DI PERAIRAN SINJAI, SULAWESI SELATAN, (J. Lit. Perikan. Ind. Vol.20 No. 4 Desember 2014)

PDF

KEPADATAN DAN STATUS PEMANFAATAN IKAN NAPOLEON (Cheilinus undulatus) DI PERAIRAN SINJAI, SULAWESI SELATAN, (J. Lit. Perikan. Ind. Vol.20 No. 4 Desember 2014)



Ikan napoleon (Cheilinus undulatus) adalah jenis ikan karang yang bernilai jual sangat tinggi. Hal ini menyebabkan penangkapan jenis ikan karang yang semakin langka ini menjadi cukup intensif. Saat ini populasi ikan napoleon cenderung menurun dan akan semakin sedikit jika dilakukan penangkapan tanpa batas, meskipun jenis ikan ini telah dilindungi (Appendix II CITES dan KEPMEN No.37/KEPMEN-KP/2013). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kepadatan populasi ikan napoleon dan status pemanfaatannya. Untuk menghitung kepadatan ikan digunakan metode sensus visual (UVC). Untuk mengetahui status pemanfaatan dilakukan sebaran frekuensi panjang ikan, yang dilanjutkan dengan penghitungan laju eksploitasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepadatan ikan napoleon di sekitar perairan Sinjai (Sulawesi Selatan) adalah rendah (1,8 individu/ha). Dari penghitungan laju eksploitasi, diperoleh gambaran bahwa populasi ikan napoleon di perairan sekitar Sinjai - Sulawesi Selatan telah mengalami lebih tangkap. Dari hasil ini disarankan agar perdagangan ikan napoleon masih tetap diperbolehkan dengan syarat mengikuti ketentuan ukuran dan kuota ekspor. Estimasi kuota ekspor ikan napoleon harus berdasarkan data biologi dan dinamika populasi ikan tersebut agar reproduksi alamiah ikan napoleon dapat berlangsung seimbang dengan tingkat eksploitasinya.


Availability

D1800012JUR JPPI-20.04Archivelago Indonesia Marine Library - Perpustakaan Kementerian Kelautan dan PerikananAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
JUR JPPI-20.04
Publisher KKP - Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan : Jakarta.,
Collation
hlm 243 - 250.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster